SEMG yang merupakan singkatan dari Spirit Enlightenment Moeslim Geoscientist adalah sebuah program orientasi agama Islam mahasiswa baru Geosains UI yang merupakan salah satu atu alur PPAA dan untuk meningkatkan ruhani Islam dengan pembinaan singkat Islam di dunia kampus.

SEMG 2017 berlangsung selama 1 hari 1 malam yaitu dari Jumat sore hingga Sabtu sore di aula selatan Masjid UI. Registrasi peserta dimulai pada sore hari yaitu pukul 17.00 s/d 18.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah. Pembukaan acara dilakukan setelah sholat magrib hingga adzan isya berkumandang. Setelah sholat isya berjamaah, peserta kembali memasuki aula selatan Masjid UI dan dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh Pak Yunus Daud mengenai pengenalan Geosains di dalam Al-Qur’an. Materi yang disajikan sangat menarik dan mengundang antusias mahasiswa baru yang hadir malam itu. Sesi pemaparan materi dan tanya jawab berlangsung hingga 2 jam mulai dari pukul 20.00 hingga pukul 22.00. Setelah sesi materi, panitia menyiapkan games untuk peserta sebelum diarahkan untuk istirahat malam hingga pukul 22.30. Setelah itu peserta istirahat malam hingga pukul 03.00 untuk dibangunkan persiapan sholat malam berjamaah.

Setelah peserta SEMG melaksanakan sholat malam, peserta menunggu waktu subuh yang diarahkan untuk membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an hingga tiba sholat subuh berjamaah.  Setelah sholat subuh, panitia dan peserta membaca dzikir pagi bersama-sama dan dilanjutkan dengan mentoring keagamaan. Pukul 6.00 pagi, peserta pun bergegas untuk bersiap-siap olahraga bersama dan sarapan terlebih dahulu. Peserta dan panitia olahraga bersama di sekitar masjid UI hingga pukul 10.30 dan bersiap untuk siang hari kembali ke Aula Selatan Masjid UI.

Setelah sholat zuhur berjamaah, peserta dan panitia makan siang dan dilanjutkan dengan materi kedua hingga pukul 14.00. Setelah itu, tibalah pembentukan Forum Muslim Angkatan (FMA) Geosains 2017 yang merupakan inti tujuan acara hingga sore hari dan terpilihlah Rahmat Supriyanto, Geologi 2017 sebagai ketua FMA 2017 dan Annisa Firdaus, Geofisika 2017 sebagai Koordinator Akhwat FMA Geosains 2017. Barakallah wa inna lillah untuk keduanya, semoga dapat menjaga silaturahmi FMA Geosains 2017 hingga ke syurga-Nya. Aamiin. Dengan selesainya pembentukan FMA Geosains 2017 berakhir juga acara SEMG 2017.