SEMG yang merupakan singkatan dari Spirit Enlightenment Moeslim Geoscientist adalah sebuah program orientasi agama Islam mahasiswa baru Geosains UI yang merupakan juga sebagai salah satu alur PPAA dan untuk meningkatkan ruhani Islam dengan pembinaan singkat Islam di dunia kampus.

SEMG 2016 merupakan acara orientasi agama pertama bagi mahasiswa muslim Geosains UI. Acara ini dilaksanakan selama 1 hari 1 malam di Aula selatan Masjid UI. Acara ini dihadiri oleh salah satu dosen Geosains UI yaitu bapak Yunus Daud sebagai pengisi acara dengan membawakan materi mengenai kebumian dalam pandangan Al-Qur’an. Kegiatan di hari sabtu diawali dengan sholat malam berjama’ah dan dilanjutkan dengan muhasabah hingga sholat subuh berjama’ah.

Paginya, peserta diberikan arahan untuk olahraga bersama dan bermain games di sekitar FMIPA UI dan Rotunda. Setelah kegiatan di pagi hari, tibalah pemilihan ketua FMA Geosains 2016 di Gedung A FMIPA UI dengan bermusyawarah dan diputuskanlah Adam Azhariansyah, Geologi 2016 sebagai ketua FMA dan Saskia Nursarifa, Geofisika 2016 sebagai koordinator akhwat FMA Geosains 2016. Setelah pembentukan Forum Muslim Angkatan Geosains, berakhir pula acara SEMG 2016 dengan mengucap hamdalah dan ditutup dengan do’a.

 

Pemaparan Materi oleh Bapak Yunus Daud mengenai Al-Quran dan Geosains