UI Geoscience Seminar 7

Pada hari Selasa, 5 Desember 2017 telah dilaksanakan seminar mengenai “Geology and Geophysics in Construction Industry” dengan pembicara Ir. Novias Nurendra, M. Sc.

Program kerja yang sedang dijalankan adalah MRT, jalan tol di Balikpapan, Jatigede DAM, dan bandara di Bali. Indonesia pada tahun 2030, pasar konstruksinya akan melebihi Jepang. Dunia kontruksi juga sangat menarik, untuk pergerakan ekonomian dunia penting, tetapi produktivitas industri konstruksi sangat rendah, penambahan dari tahun ke tahun relatif sangat rendah dibanding dengan pertumbuhan produktivitas dengan jenis konstruksi lainnya. Produktivitas tenga kerja di Indonesia di kalangan dunia relatif lebih tinggi ketimbang Kamboja, Thailand dan negara-negara tetangga Indonesia.

Berbeda dengan isu-isu tenaga kerja yang katanya orang Indonesia sangat malas, tidak pintar, itu salah. Tetapi memang tingkat Indonesia masih lebih rendah dari China dan Jepang masih dalam kalangan negara Asia saja. Dunia konstruksi bisa dibilang profitnya lumayan gede, sekitar 4,4% , lebih besar dengan yang lainnya secara rata-rata, tetapi masih kalah jauh dengan proyek-proyek farmasi. Rata rata waktu telat konstruksi bangunan sekitar 20 bulan dan budget biasanya melampaui target dana yang dikeluarkan, itu sudah normal. Orang geofisika dan geologi juga dibutuhkan dalam dunia konstruksi, orang geologi lebih suka ke lapangan dan kalo orang geofisika lebih ke laptop karena hubungannya sama programming, tetapi masih dalam satu kesatuan karena mereka ini masih butuh kerjasama dalam nanti berkerja. Ilmu kebumian dalam dunia konstruksi sangat penting saat sebelum kosntuksi dimulai, lebih tepatnya ssat survey lapangan, daerah tersebut apakah memiliki fold, apakah ada fault, jenis batuannya bagaimana, sifatnya bagaiamana, kekuatannya bagaimana, ini sangat oenting sekali saat pembuatan tunnel, karena kalau pada saat pengeboran tunnel tetapi ditemukan folding sangat berbahaya dapat menimbulkan pergeseran yang menyebabkan langsung roboh, tetapi tidak hanya pembuatan tunnel, tetapi juga pembuatan gedung pada saat pembuatan pondasi, pondasi sangat penting dalam penempatannya, karena kalau terjadi gempa atau pun tsunami, sebisa mungkin pondasi menancam ke tanah batuan yang tepat dengan sifat atau kekuatan yang tepat, sehingga bangunan atau infrastruktur yang dibuat sangat kokoh dan tidak roboh saat bencana alam itu terjadi, bisa disesuaikan atau di akalin untuk masalah maslah tersebut dengan dilihat hasil survey lapangannya itu tersebut baru dicari solusinya.

Untuk ranah geofisika, memang ini tugasnnya hampir mirip dengan orang geologi, bedanya geofisika memnsurvey bukan hanya yang atas lapangan saja atau permukaan tanah, tetapi dalam bawah tanah aja yang tidak bisa di capai sama orang geologi, mempetakan bawah tanah dan menentukan struktur batuan, jenis tanah dan ini akan di combine dengan hasil data lapanhan orang geologi, orang geofisika dapat data dengan alat alat seperti geophone atau pun GPR dan lain lain, setelah data didapat, seperti yang telah disampaikan , orang yang desain dapat mencari cara atau mengakali dengan ancaman bahaya atau threat yang dialami di lapisan tanah tersebut, harus sempurna dalam mendisain, karena kalau tidak bisa roboh, bangunan karea kesalahan desain akibat tanah atau jenis tanah yang berbahaya atau dapat bergerser yang akan mengancam berdirinya suatu bangunan atau infrakstruktur, survey geofisik juga bisa dipakai untuk mensurvey rongga atau void di bawah tanah, kita bis tahu ada ancaman tersebut melalui orang geofisika, orang geofisika dan orang geologi mempunyai tanggung jawab dalam desain, planning, konstruksi, management , dan infarsutruktur fisiknya.

Human error cost di Venice, Italy, memakan 2000 orang atau 1/3 tanah di kota hilang hanya dalam 7 menit (Vajont Dam Disaster) pada 9 Oktober 1963 dikarenaka pada awal desain terdapat indikasi keadaan tanah yang tidak cocok untuk dibangun gedung (terdapat lapisan clay), saat bending diisi sudah terdapat sliding. Kesimpulan, engineering berhak menanyakan intrepertasi secara geofisikal tanpa konfirmasi sampling.