Kegiatan Ifthor Jama’I Geosains merupakan kegiatan tahunan pada bulan Ramadhan yang diselenggarakan oleh Departemen Geosains berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Geosains. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar warga Geosains meliputi mahasiswa, dosen dan karyawan-karyawan gedung Geosains FMIPA UI. Ifthor Jama’I Geosains yang dilaksanakan tahun ini mengusung tema Be Productive in Ramadhan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat, 25 Mei 2018 di B101 FMIPA UI yang diikuti oleh:

  1. Seluruh mahasiswa Geosains UI
  2. Dosen Geosains UI
  3. Karyawan Geosains UI

Kegiatan ini dipandu oleh 2 orang MC yaitu Annas prodi Geologi 2016 dan Ghozy Prodi Geofisika 2017. Tak lupa kegiatan ini di buka dengan Basmallah dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Munir Prodi Geofisika 2016. Tidak hanya sekedar berbuka puasa, namun ada juga sharing-sharing mengenai kegiatan kuliah lapangan dari beberapa mahasiswa Geosains yang baru saja menjalaninya di semester 4 kemarin, yaitu:

  • Adam, Geologi 2015
  • Rayhan Zidan, Geologi 2015
  • Alim, Geologi 2016
  • Riziq, Geofisika 2015

Hal tersebut dilaksanakan untuk memperluas wawasan kita sebagai mahasiswa Geosains dalam menghadapi situasi dan kondisi ketika kuliah lapangan.

Selain itu, kegiatan ini tak lepas dari wejangan dari ustad yang berpengalaman dalam bidangnya dengan memberikan ceramah singkat mengenai kegiatan-kegiatan yang dapat membersamai di Bulan Ramadhan. Beliau mengingatkan kita untuk selalu melakukan kegiatan yang positif selama bulan Ramadhan dan menjadikan hal positif tersebut sebagai kebiasan baru untuk kita.

Setelah ceramah singkat, mahasiswa Geosains dipersilahkan untuk membatalkan puasa dengan mencicipi hidangan ta’jil yang telah dibagikan sebelum adzan berkumandan dan dilanjutkan dengan sholat Magrib berjamaah di Musholla Izzatul Islam (MII) FMIPA UI. Setelah itu, kita berkumpul kembali di ruangan B101 untuk makan bersama dan diisi pula dengan acara “Apresiasi Karyawan Geosains” yang diselenggarakan oleh Divisi Kesosman HM Geosains UI 2018 yaitu dengan memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi karena telah berkontribusi membantu dalam kegiatan perkuliahan di Geosains.

Sebelum adzan Isya berkumandang, kegiatan ini diakhiri dengan mengucap syukur Alhamdulillah dan do‘a kepada Allah SWT, karena telah berjalan dengan lancar dan semestinya.